“Kalau Ada Sisa, Paling Dua, Itu Mah Wajar,”


E-mail this post



Remember me (?)



All personal information that you provide here will be governed by the Privacy Policy of Blogger.com. More...



Image hosting by Photobucket

Hari Raya Idul Adha telah tiba. Seperti tahun-tahun sebelumnya, para pedagang hewan kurban kembali muncul di berbagai sudut jalan untuk memenuhi kebutuhan umat Islam melaksanakan ibadah kurban. Bagi para pedagang domba, kambing atau sapi, kedatangan hari raya Idul Adha sungguh merupakan momen untuk mengeruk keuntungan.

Seperti Tarman (37), misalnya, pedagang domba kurban yang mangkal di jalan Pak Gatot Raya, Bandung. Sejak hari Rabu (4/7) lalu, ia mengaku telah berhasil menjual dua belas ekor domba. Tarman optimis dagangannya itu akan laris pada malam Idul Adha. “Paling apes, hari Rabu semuanya habis,” ungkap dia kepada CyberMQ.

Domba-domba tersebut dijual Tarman dengan harga bervariasi. Untuk domba seberat sekitar 30 Kg ia jual seharga Rp. 850 ribu. Harga itu termasuk yang termurah di tahun ini. Kendati demikian, untuk teman atau saudara, ia bersedia menyediakan hewan kurban murah yang seharga Rp. 500 ribu. “Pokoknya ke temen mah, siap bantu, 500 (Rp. 500 ribu – red) juga saya kasih,” kata dia.

Untuk kebutuhan pengadaan domba-dombanya, ia menerima kiriman dari berbagai lokasi. Tak hanya Garut, yang terkenal sebagai sumber hewan kurban, Tarman juga mengaku disuplai oleh peternak dari Padalarang, dan bahkan ada juga hasil ternak pribadinya yang ikut ia jual.

Selama berjualan hewan kurban, pria berkulit kehitaman ini mengaku belum pernah mengalami kerugian. “Sudah delapan tahun saya dagang domba, Alhamdulillah belum pernah rugi,” katanya. “Kalau ada sisa, paling dua, itu mah wajar,” lanjut Tarman.

Tarman menjamin, hewan kurban yang dia jual semuanya aman, karena telah menjalani tes kesehatan oleh Dinas Kesehatan, Kota Bandung. Ia juga sedikit lega, karena untuk tes kesehatan ini, ia mengaku tak mengeluarkan uang, alias gratis. Begitupun dengan rumput untuk hewan kurban, Tarman mengaku tidak mengalami kesulitan, karena telah disediakan oleh pemilik lapak. “Yang datang dari Garut (pedagang hewan dari Garut – red) mah, susah. Harus bayar lapak, nyari rumput, padahal kalau tidak nyuruh orang yang biasa mah, susah nyari rumput teh, mahal lagi,” katanya.

Namun, khusus untuk sewa lahan, Tarman sebenarnya masih mengeluhkan besarnya biaya sewa yang harus ia keluarkan selama berjualan hewan kurban ini, kendati untuk bayaran lapak ini dapat diganti dengan hewan miliknya. “Mintanya sih dua domba,” keluhnya sambil memandangi domba-dombanya yang diikat di batang bambu. “Mudah-mudahan masih bisa nego,” tuturnya berharap. Karena jika uang sewa tersebut bisa dikurangi, tentunya Tarman akan bisa meraup untung lebih besar. Jika dikonversikan, dua domba seharga Rp. 850 ribu sama dengan uang Rp. 1 juta 700 ribu.

Padahal, masalah lahan ini pun belum menjadi jaminan dagangan hewan kurban seseorang akan laku. Tak semua pedagang yang menempati lahan yang sama akan meraup jumlah untung yang sama. Seperti Dasep (27), yang juga mangkal di kawasan yang sama. Ia tak seberuntung Tarman yang telah berhasil menjual dua belas ekor domba. Hingga hari Jumat (6/1), belum satupun hewan kurban milik Dasep yang terjual. “Tahun ayeuna sepi, teu jiga tahun-tahun kamari (Tahun sekarang sepi, tak seperti tahun-tahun sebelumnya),” keluh Dasep. Padahal harga hewan kurban milik Dasep, tak berbeda jauh dengan hewan kurban Tarman.

Rejeki memang bukan manusia yang mengatur. Semuanya kembali kepada Allah SWT. Tempat berjualan boleh sama, namun rejeki seseorang tetap berbeda. Wallahu'alam (Indra KH)***


0 Responses to ““Kalau Ada Sisa, Paling Dua, Itu Mah Wajar,””

Leave a Reply

      Convert to boldConvert to italicConvert to link

 


    Image hosting by Photobucket
    • Indra KH
    • Content Dev, IT Documentation
    • Bandung, Jawa Barat, Indonesia
    • My Profile!
    • Chat with Indra KH

Previous posts

ARCHIVES

BLOGROLL

LINKS

BREAKFAST

Google



    cybermq


blog-indonesia

Indonesian Muslim 

Blogger

karyacipta





Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x


"Hit
Online College Degree