Indonesia Berada Pada Fase Awal Epidemi AIDS


E-mail this post



Remember me (?)



All personal information that you provide here will be governed by the Privacy Policy of Blogger.com. More...



Ibu Evi, sebut saja begitu, malam itu tampak pasrah menerima kenyataan dirinya kini seorang penderita HIV. Tak ditemukan gurat senyuman di wajahnya. Dalam tayangan “Suara Anda” di MetroTV yang membahas tentang AIDS, Kamis (1/12) malam, wanita muda ini mengaku kalau dirinya tertular HIV dari suaminya. Sebelumnya Ibu Evi tidak mengetahui suaminya pengidap positif HIV. Ia baru mengetahui baru tahu suaminya positif HIV setelah sang suami bercerita, bahwa jauh sebelum menikah dengannya, ia adalah pemakai atau pecandu narkoba. Dan kini, yang semakin menyedihkan, anaknya pun terindikasi tertular penyakit yang sama.

Hal itu semakin diperparah dengan kondisi ekonomi keluarganya. Kendati obat antiretroviral (ARV) yang bisa menekan perkembangan HIV di tubuh kabarnya diberikan secara gratis dari pemerintah, namun tetap saja menurut Ibu Evi, dirinya harus membeli. Belum lagi biaya untuk pemeriksaan rutin dan obat-obatan lainnya.

Ibu Evi tidak sendirian. Banyak ibu-ibu rumah tangga lainnya di Indonesia yang mengalami nasib serupa, bahkan mungkin terjebak dalam kondisi yang lebih parah. Jumlah kasus penderita HIV/AIDS yang berasal dari keluarga baik-baik kini semakin banyak ditemukan. Mereka tertular penyakit tersebut bukan karena hubungan seks sejenis, atau akrab dengan narkoba jenis jarum suntik. Mereka ada yang tertular HIV karena transfusi darah, atau melakukan hubungan seks dengan pasangan sah yang ternyata positif HIV.

Pada beberapa daerah, HIV/AIDS memang telah masuk ke masyarakat umum. Orang-orang yang tak ada hubungannya langsung dengan perilaku beresiko tinggi juga telah masuk dalam cakupan rentan HIV/AIDS, misalnya istri ataupun anak-anak. Saat ini tidak tertutup kemungkinan istri "baik-baik" dapat terjangkit HIV/AIDS jika suaminya termasuk orang yang melalukan perbuatan berisiko tinggi. Kemudian anak atau bayi juga dapat lahir dengan HIV/AIDS jika ibunya seorang penderita.

Masalah HIV/AIDS ini memang menjadi masalah yang penting bagi kita semua, mengingat AIDS sudah tersebar di seluruh Indonesia. Apabila dibiarkan, siapa yang dapat menjamin beberapa tahun mendatang, keluarga, atau kita sendiri terbebas dari HIV/AIDS.

Dilihat dari jumlah pengidap dan peningkatan jumlahnya saat ini, HIV sudah dapat dianggap sebagai ancaman hidup bagi masyarakat Indonesia. Berdasarkan laporan Departemen Kesehatan sampai Juni 2005, jumlah pengidap HIV/AIDS di Indonesia adalah 7 ribu 98 orang. Jumlah tersebut adalah yang tercatat, sedangkan yang tidak dilaporkan diyakini berkali-kali lipat lebih banyak.

Hal inilah yang ditakutkan. Diperkirakan jumlah pengidap HIV/AIDS yang sekian banyaknya itu merupakan fenomena gunung es dimana jumlah penderita yang tidak terlaporkan justru jauh lebih banyak.

Indonesia bahkan dewasa ini berada pada fase awal epidemi penyakit AIDS dengan epidemi HIV yang cukup serius. Penyakit ini menyebar cepat di kalangan pengguna narkoba, suntikan, pekerja seks dan pelanggannya serta melalui kontak heteroseksual seperti halnya di Papua. Hal itu dikemukakan Direktur Eksekutif UNAIDS Dr Peter Piot kepada wartawan bersama Menko Kesra Alwi Shihab yang juga Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) di Jakarta, Senin (26/11).

Oleh karena itu, katanya, diperlukan usaha untuk memperluas dan meningkatkan skala program pencegahan HIV di Indonesia agar dapat menjangkau mereka yang rentan terhadap infeksi HIV secara efektif. (red/mikha)***


0 Responses to “Indonesia Berada Pada Fase Awal Epidemi AIDS”

Leave a Reply

      Convert to boldConvert to italicConvert to link

 


    Image hosting by Photobucket
    • Indra KH
    • Content Dev, IT Documentation
    • Bandung, Jawa Barat, Indonesia
    • My Profile!
    • Chat with Indra KH

Previous posts

ARCHIVES

BLOGROLL

LINKS

BREAKFAST

Google



    cybermq


blog-indonesia

Indonesian Muslim 

Blogger

karyacipta





Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x


"Hit
Online College Degree